Dasar Padang Lo!

Sudah bukan rahasia lagi kalau ada stereotipe2 setiap etnis di Indonesia. Orang Batak beginilah, orang Sunda begitulah, orang Jawa anulah, orang Manado itulah, dan lain sebagainya.

Namun salah satu yang paling sering dikumandangkan (sampai2 mensugesti tidak hanya pendengarnya, namun juga orang2 yang di”fitnah”) adalah cap bahwa orang Padang itu pelit!

Saya pun sempat dituding2 sebagai orang yang pelit oleh teman2 saya. Yang menyebalkan, saat saya sedang berkecukupan dan dermawan mereka tak pernah berkomentar, “Oh, orang Padang itu dermawan ya..”

Tapi di saat saya sedang perlu menahan diri dan menabung demi masa depan dengan lantang mereka akan teriak2, “DASAR.. PADANG BANGET SIH LO!”

Gadis manis yang tidak suka keributan ini pun akhirnya tak dapat tinggal diam dituduh2 seperti itu. Suatu ketika ia pun menyahut, “Curang ya, kalo gue pelit lu bisa bilang “Dasar Padang lo!”, tapi kalo lo yang pelit gue ga bisa bilang, “Dasar Jawa lo!””

Teman yang terkadang pelitnya melebihi kepelitan keluarga Padang 7 turunan itu pun bungkam dan tak lagi melakukan aksi penudingan itu. And fortunately the friendship remains πŸ˜€

Kadang saya mikir juga sih, apa benar perbuatan sehari2 saya mencerminkan kepelitan?

1. Anti meninggalkan alat elektronik tetap menyala, dalam kondisi standby, atau sekedar tercolok kabelnya. Teman saya (& keluarganya) yang seluruh peralatan elektroniknya selalu standby 24/7/365 (24 jam, 7 hari, SETAHUN PENUH) pun saya maki2 dan kuliahi (agak sia2 sih, tapi ku akan tetap memakinya hingga akhir hayatku..)

2. Selalu meminimalisir penggunaan kertas, apalagi saat skripsi kemarin. Dengan sabar dan tegar saya memulung printout draft2 yang masih mulus dan layak dipakai untuk skripsi final.

3. Print hal2 tidak terlalu penting cukup menggunakan kertas bekas, atau kalau tidak memungkinkan, pakai kertas tipis yang beratnya 70 gram, dan HARUS BOLAK-BALIK.

4. Selalu menghindari penggunaan AC di saat2 tak perlu. Dan jika panas Jakarta mulai membakar jiwa, sebisa mungkin suhu AC disetel di atas 24 derajat celcius.

Orang2 boleh mencap saya sebagai orang pelit. Tapi Al Gore pasti bangga sekali kalau tahu kepelitan2 saya.

Dan jika seluruh penduduk dunia pelit seperti orang Padang, mungkin Global Warming dapat sedikit diatasi, banjir dan perubahan iklim tak terkendali dapat dicegah, laju kepunahan penguin & beruang kutub dapat ditekan, dan bumi ini dapat bertahan sedikit lebih lama.

62 thoughts on “Dasar Padang Lo!

  1. hahaha… kalau orang padangnya model kamu mah saya dukung, soalnya membantu menyelamatkan lingkungan.

    Tapi memang benar sih, banyak diantara kita yang boros, selalu beranggapan nanti juga ada lagi (apalagi kalau soal air). Padahal itu pemikiran yang sembrono.

  2. hwakakakaaak… dasar padang lo!!
    tp memng bgt lah diskriminasi etnisitas di Indonesia.. bukan rahasia lg kan…
    tp setidaknya etnis lo jelas kaaan… kan asik tuh punya adat istiadah yg kerap melekat di darah lo.. hahaha…
    btw, kalo yg perjodohan padang itu gimana tuh?? lo udh kena belom?? hahaha….

  3. -Cie Duo Tigo- Hehehe… πŸ˜€
    Indonesia memang kaya dan beragam.

    Di Kampusku juga banyak banget orang Padang-nya loh !!! Dan kalo udah ketemu mahasiswa sesama Padang sepertinya akan timbul “getaran2” dan langsung saja mereka berbincang dengan bahasa mereka yang tak kumengerti (nya muhun, da simkuring teh asli Sunda). Tapi sikap pelit sih gak ada hubungannya ama Padang deh, ada temenku dari Padang malah tajir banget orangnya.

    Ngomongin Al-Gore…. Hati2 jangan terlalu percaya akan karisma dia. Saat ini sedang ramai dibahas tentang kabohongan teori global warming (Global Warming is HOAX). Kalau tak ada aral merintang saya akan mengangkat tema ini beberapa hari lagi (tapi gak janji juga sih,,, abis susah banget). Yang jelas, saya kutip dari seorang profesor Lingkungan terkenal (namanya Lupa) :

    “Isu Global Warming adalah sebuah penelitian yang besar sedangkan benar atau salahnya itu tidaklah penting sebab akan memberikan dampak yang positif bagi masyarakat dan lingkungan.”

    Dapatkah anda menangkap suatu kesalahan dari Quote di atas ??

  4. hah? duh2..mana mungkin itu hoax kalo udah banyak bukti nyata? lagian global warming atau global cooling, either way bumi ini sedang mengalami perubahan & eksistensi kita di ambang kepunahan kaan?

  5. Mangkanya tungguin tulisan saya…. :mrgreen:

    coba buka deh http://www.theglobalwarminghoax.com
    Kita tak bisa menyalahkan pendapat2 seperti itu, sebab mereka pun memiliki bukti ilmiah yang kuat. Dan kalau sudah ngomong ilmiah, bukan keyakinan dan perasaan lagi yang bermain. Tapi full realita dan logika.

    Intinya, situs2 seperti itu tidak menyalahkan tujuan dari isu global warming, tapi mereka concern akan kebohongan2 yang diungkapkan oleh Al-Gore dkk. diantaranya yang menyatakan bahwa es di Puncak2 gunung mencair akibat global warming. Padahal menurut mereka ini adalah fenomena yang normal. Mereka menganggap adanya konspirasi dibalik isu ini demi kepentingan kapitalis.

    Saran saya, kalau kita menemukan suatu pendapat yang lalu kita yakini itu benar maka carilah pendapat yang menentangnya. Ini akan melatih kita berpikir kritis dan berpendirian kuat.

  6. Ha.. ha
    Streotip itu warisan Belanda, agar Devide et Impera berjalan lancar. Sama juga dg Hollywood yg klo Arab=Teroris, Itali=Mafia, Negro=Narkoba, China/Jepang/Korea = Pengacau….dst
    Tapi, ambo bangga sebagai Urang Awak – Urang Padang, Sebab kata Orang Jawa Padhang iku “ora GELAP” – alias Terang Terus dan Terus Terang!
    πŸ˜†

  7. Padang atau bukan bisa saja bersifat seperti itu, tapi banggalah dengan orang Padang yang berhasil memecahkan rekor dengan rumah makannya, bayangkan sluruh pelosok dunia ada RM Padang bahkan kalau bulan berpenghuni dipastikan bakal ada RM padang, iyo ndak Nie?

  8. ah rasis lagi yah?
    tapi cara2 berhemat anda saya rasa tidak bisa dibilang pelit.
    paling yang teman2 hanya bercanda kali… πŸ™‚

  9. saya juga orang padang dan entah kenapa cap tersebut sudah menempel. ada teman-teman saya yang bukan padang, pelitnya melebihi saya. tapi mereka tidak kena cap pelit. duh…stereotype! susah untuk menghilangkan hal ini. 😦

  10. siapa bilang orang padang pelit ? sobat karibku, namanya uyun– pelesetan dari buyung, rela jual celana biar kami bisa makan siang di sore hari…

    daftarmu itu masuk kategori IRIT, bukan pelit

    orang Indonesia memang super boros, makanya kita sekarang menjadi bangsa pengimpor BBM. Tapi masih nggak malu jadi anggota OPEC…

    tulisan yang terus terang seperti ini bisa menghapus sedikit demi sedikit stereotype itu. dan keberanian bicara terbuka macam inilah, bukan penambahan rayon militer, yang akan menjaga keutuhan negara dan bangsa Indonesia. BRAVO sista.

  11. saya malah ndak pernah pake ac lho. di rumah, di kampus, dan di kantor ga ada acnya. ada juga pake ac kalo lagi kebetulan mampir ke warnet. tapi itu juga jarang ta’manfaatin gara2 lebih sering milih nongkrong di smooking room yg notabene tanpa ac, hohohoho

  12. loh baru tahu saya kalo orang Padang itu pelit, padahal setahu saya mereka paling suka bagi-bagi masakan. Katanya orang Padang itu orang yang ulet bekerja dan tahan banting liat bagai karet jadi biar ditekan gak bakal patah.

    Gadis manis yang tidak suka keributan ini pun akhirnya tak dapat tinggal diam dituduh2 seperti itu. Suatu ketika ia pun menyahut, β€œCurang ya, kalo gue pelit lu bisa bilang β€œDasar Padang lo!”, tapi kalo lo yang pelit gue ga bisa bilang, β€œDasar Jawa lo!””

    saya jadi yakin kalo orang Padang memang semakin bagai karet yang ditekan tengahnya nyembul ke pinggir dan seterusnya yang menunjukkan mereka selalu bisa survive. menurut saya hal-hal yang disebutin di atas bukan pelit cuman kurang boros aja hehehe

  13. @prasso: jangan2 dia sebenernya ada keturunan padang ya?

    @kecaplok_akismet: kenapa kecaplok mas? hehe, mungkin emang ga smua ya, namanya juga generalisasi (yang lama2 diyakini sebagai fakta). btw ah bisa aja, doain ya saya bisa senantiasa survive di dunia yang ganas ini hehe

    @calvin: hehehe..gosipnya sih begitu yah,,

  14. kebetulan nih lagi nyari artikel tentang sifat2 dasar orang padang, hehe….
    tentang kejadian itu memang sangat disesalkan, tapi kebiasaan kamu yang hemat itu keren banget sumpah.
    saya sempet sebulan di Padang, ya sama aja yang pelit ada yang baik banget juga ada, kayak sunda lah terkenal karena kemalasannya, tapi banyak juga yang rajin banget. Hanya mugkin persepsi yang udah kebangun saat ini kayak gitu. Maafin teman2 kamu aja lah…hehe….. (sambil dikepret tentunya! hehehehe….kidding!) eh, sesekali liat blog saya ya.

  15. *sultanmudo a.k.a catra

    benar, byk lg kota ln tp nggak sehangat etnik urang awak. dima2 e ada urang awak. br2 ini rkn kami visit jakarta, terus jatuh cinta pd nasi padang. lihat loh… betapa popularnya urang awak.
    kamu jg pakai namo ‘sultan mudo’ gelaran urang minang.

  16. Hmm… Kalau dibilangin ‘dasar Padang lo’, aku mah ga kesinggung, soalnya bukan orang Padang, tapi orang Minang (Minang itu ga hanya Padang toh), hehe…

  17. halah.. itu sih bukan pelit..itu kan irit..
    coba semua orang indonesia kayak kamu ya.. pasti indonesia bakal lebih sejuk(soalnya energy efficient sih) πŸ™‚

  18. wahh temen gw org padang, ga pelit tuh.gila2an banget klo telpon!ampe gw ga pernah telpon dia.wakakaka…

  19. Kalo pengalaman anda sih saya rasa bukan pelit tapi berhemat, hemat dan pelit kalau tidak tidak dipandang secara bijak akan berbeda tipis. tapi berbagai pengalaman saya bertetangga, sekantor dan pernah tinggal di kostan yg kebetulan punya orang padang berkata lain mereka pelit dan terlalu perhitungan! tetangga gw orang padang sumbangan untuk keperluan warga semua menyumbang kecuali dia, di kantor teman kerja gw orang padang gak mau korban walaupun cuma gopek!, di kostan gw kamar bocor gak dibenerin malah disuruh beli bahan sendiri! pernah liat sitkom suami-suami takut istri di trans tv? disitu digambarkan dengan jelas sifat pelit orang padang ntah memang begitu adanya ato dibikin lebay!

  20. Dasar padang loe!!, ya pelit. lihat & rasain aja sendiri kalau kamu berteman dgn orang padang. Pasti selalu perhitungan!. Tidak mau dia itu berlebih ke orang lain, selalu berharap orang lain itu harus selalu berlebih ke dia. Yah, semoga aja padang itu cuma ada di Sumbar. Ha haaa……

  21. dasar padang lo. cewk nya cakep2. gak jauh dari cewek2 bandung. Bedanya klo padang agak lebih sopan.

    hati ku tertinggal di siteba, padang.

  22. tapi makanan padang tetep makanan paling super terenak gila dan nomor satu di Indonesia …
    yang kedua sunda … pokoknya pengen terus”an makan masakan padang sampe teler fly gtu …

    the best food and recipy in the world …..

    ambil positifnya aja dari sumatera … (wong sumatera) …
    karna kalo mau ngambil negatifnya terus , suku di pulau jawa juga bnyak kekurangannya …

    bener gak jawir?

  23. yague awalnya senag sama orang padang tapi ada dua gue yg tax suka satu pelit dua suka menag sendiri………………………

  24. aduwh gimana yah .emang udah melekat banget di otak orang” law padang tuch pelit.
    tapi gak semua dech tergantung orangnya,buktinya cwoku orang padang aku orang sunda,dia aik ko penyayang gak pelit.tu mah tergantung orangnya,,,bukan sukunya dech

  25. gara gara film suami2 takut istri tuhh di TRANS TV yang ga jelas n sumpah tuh film RASIS BANGET mungkin produsernya pernah punya masalah sama orang padang atau IRI jadinya gitu peran org padangnya dibikin jadi ORANG PELIT

  26. kaya’a yg blg klo padang pelit bukan jawa aje deh, temen2 ane yg org betawi, madura, sunda, ambon, batak, palembang, lampung pd blg bgtu jg klo lg becanda.
    ya mgkn rata2 bgtu kali ye, walaupun kaga smua bgtu..
    piss ahh

  27. Tapi emang kenyataannya kebanyakan sifat orang padang itu pelit-pelit, sombong-sombong, jahat-jahat, matre-matre, egoisnya tinggi, gampang dihasut, dan sll ngerasa paling hebat padahal dungu, dll… contoh kecil aja ya.. ada temen gw orang padang yang super” pelit.. trs dy itu kalo di sms gk prnh bales & maunya di tlp trs… tapi,, giliran pacarnya sll dibales.. apa gak pelit tuh?? kalo minjem apa” tuh juga ga bakalan dibalikin sampe qt sndri yg minta.. gak tau diri banget lah…

  28. Padang kalo temen waktu masih muda2 sih oke udah tuanya …nggak nahan…kalo pelit sih nggak masalah tapi sifat oportunisnya nggak ketulungan ….temen saya semua orang padang sampe umur 20an keataz selesai sudah hahahaha….mereka udah sibuk menjilar yg punya duit

  29. Aq punya teman jawa pelit Nya minta ampuunn
    Masak sih suatu hari taiknya jagung di makan lagi

    Takuut rugi ga tuuhh,,hahahhaa

  30. padang emang pelit minta ampun, cina jg pedagang tapi ga kikir kayak orang padang. bisanya minta enggan memberi dan kurang setia kawan. kalau lagi dibawah suka menjilat, giliran udah sukses sombong bgt ga mau bergaul sama yg lebih miskin

  31. Pacarku orang padang, dia ga pelit tp memang gaya hidupnya hemat dan cermat.. Awalnya agak sebel karena saya bukan tipe orang perhitungan tp lambat laun saya ikutan belajar hemat dan ternyata banyak sisi positifnya lho..
    Dan satu lagi org hemat itu bukan berarti pelit .. Justru dia pandai memilah milah mana yg prioritas mana yg ga perlu…

  32. Wah, saya baru tahu kalo orang Padang distereotipkan pelit. Tapi saya punya banyak teman orang Minang kok, termasuk Padang juga. Laki dan perempuan, mereka gak pelit ah. Malah kebangetan dermawannya hehehe… setiap saya maen kerumah mereka, ortunya selalu ngasih makanan. Malahan kalo temen sayanya itu gak ngasih (saya sendiri yang mintanya), ortunya suka marahin temen saya itu.

    Hah, tergantung orangnya juga ya, mungkin stereotip itu juga ada sebab-sebabnya, tapi saya belum tahu. Yang pastinya, teman-teman saya yang berasal dari suku Minang gak pelit-pelit tuh.

    Malah saya seneng bercanda dengan mereka, apalagi belajar bahasa Padang, saya suka sebut-sebut Uda atau Uni, hehehe.

  33. watak suku minang kerbau memang terkenal antara lain :
    1. kuat perhitungan.
    2. kalau ada maunya bicaranya manisnya bukan main kalau sudah dapat apa yg di inginkan pura-pura bodoh dan lupa dan suka menghindar baik pinjam uang atau barang.
    3. pelitnya setengah mati.
    4. suka bicara tinggi seolah-olah suku minang kerbau ini paling hebat di dunia alias banyak omong kosong.
    5.suku minang kerbau terkenal suka menipu malahan sanggup mengucapkan kalimat SUMPAH DEMI ALLAH supaya calon korban mau mempercayai terus menerus setelah si korban sudah sadar tidak mau mempercayai lagi dan si suku minang kerbau pergi begitu saja apa yg sudah di dapatkan ngak mau di kembalikan lagi itulah kehebatan para suku minang kerbau.
    6. kalau suku minang kerbau ini merantau ke tanah orang lain jarang sekali jumpa suku minang kerbau mau menghargai suku pribudi setempat di mana suku minang kerbau meningjak kakinya.
    7. bila merantau ke tanah orang lain suku minang kerbau ini terkenal suka menguasai lahan contoh jualan kaki lima rata-rata hampir semuanya suku minang kerbau ini kalau ada suku lain mau gabung di usir.
    8. suku minang kerbau dimanapun berada coba perhatikan baik di perumahan, kios,toko dll pasti suku minang kerbau ini tidak mau buang sampah di tempatnya sanggup buang sampah ke tetangga sebelah kalau di tegur langsung main ancam kalau ngak main tampar main bunuh merasa dirinya penguasa daerah padahal pendatang.
    9. di wilayah sumbar tempatnya bersih tapi bila suku minang kerbau merantau ke daerah orang lain di buatnya kotor tempat sampah buang sembarangan ngak menghargai wilayah di mana suku minang kerbau ini menginjak kakinya.
    10. kalau mau juaan di teras toko orang jarang sekali suku minang kerbau ini mau minta ijin main menerobos saja.
    11. suku minang kerbau ini sangat susah sekali di jumpai mau bertanggungjawab kebanyakan tidak mau bertanggung jawab.
    12. suku minang kerbau ini terkenal sangat rajin sholat tapi akal licik tetap ada pada diri suku minang kerbau ini alias munafik.
    13. suku minang kerbau paling suka memandang rendah orang lain merasa dirinya paling hebat padahal tidak ada apa-apanya hanya bermodalkan mulut besar alias banyak omong kosong.
    kalau mau biaca tentang suku minang kerbau ini lebih banyak sisi buruknya daripada sisi baiknya di ibaratkan sisi baik hanya 5 % tapi sisi buruknya 95% ini fakta kenyataan yg terjadi dalam kehidupan sehari-hari bila kita melihat suku minang kerbau ini di wilayah anda.

  34. Kalo gw bilang sih, orang padang itu bukan pelit, tapi perhitungan banget hidupnya. fakta tsb sering pelintir ke arah irit supaya gak terlalu ektrim. pada dasarnya orang padang itu perhitungan banget dan mau menang sendiri. Opini itu berdasarkan dr beberapa orang padang yg pernah saya temukan di lingkungan sosial.
    Tapi banyak juga dr mereka yg ramah, sopan, dan baik. #tp tetep ada sifat perhitungannya.

  35. Saya bekerja di DKI Jakarta berjualan Textile. 2x saya di tipu dalam bisnis oleh orang Padang. Dan itu dalam jumlah yang bisa di bilang tidak sedikit. Saya ada karyawan jg orang Padang, karyawan Padang pertama saya menipu saya 1,4jt, dan karyawan Padang kedua saya sangat malas dalam bekerja. Di tambah tetangga dagang saya orang Padang, dan mereka bahkan bisa mencuri barang saya, di CCTV kelihatan, cuma saya tidak mau perpanjang saja. Bagaimana itu? Sedangkan tetangga kerja, rekan bisnis, ataupun karyawan saya yang lain yg berasal dari suku yg lain tidak pernah ada masalah. Bahkan lagi rekan kerja saya yang lain mengatakan supaya tidak berbisnis atau punya karyawan orang padang. Bukan saya mau rasis, tapi emang itu pribadi, cuma kok banyak sekali pribadi orang Padang yang begitu. Bisa diberi pencerahan?

Leave a Reply

