Diskriminasi Guru Ngaji

Setiap minggu, emak saya mengadakan suatu pengajian di rumah bersama adik2nya dan beberapa temannya. Biasanya mereka melakukan tafsir Al-Qur’an, karena Rasul menyuruh kita untuk mempelajari Al-Qur’an dan maknanya.

Duluu sekali, saya masih respect sama guru ngaji mereka (yang kebetulan merupakan seorang bapak2 yang masih agak muda), sebut saja namanya Pak Mulia. Tapi lama2, saya merasakan perlakuannya terhadap saya (& kakak saya) tidak sopan dan justru diskriminatif. Setiap kali kita masuk rumah, pastinya ngucap “Assalamualaikum” dong.. Nah, si Bapak Mulia ini tidak pernah mau menjawab jika yang mengucapkan salam itu adalah saya atau kakak saya!

Tapi kalau orang lain (salah satu dari ibu2 pengajian) yang mengucap salam, dia akan menjawab dengan ramah sekali, bahkan lengkap dengan senyuman manis di wajahnya!

Pikiran positif pun perlahan mulai berpindah kutub ke arah yang paling negatif. Kenapa Pak Mulia yang seharusnya berhati mulia ini memperlakukan saya seperti itu? Apa karena saya tidak mengenakan jilbab sebagaimana wanita Muslimah semestinya? Apa karena dia menganggap saya hamba Allah yang terlalu hina sampai2 tak perlu digubris keberadaan dan salamnya?

Dan jika dia memang menganggap saya sebagai manusia sesat yang hina, apakah ada di ajaran agama untuk mendiskreditkan dan tidak mengacuhkan orang2 seperti saya? Bukankah Nabi Muhammad SAW memperlakukan semua orang –bahkan yang paling hina, sesat, dan kejam padanya– dengan ramah, adil, dan penuh senyuman ikhlas?

Kalau semua guru ngaji kelakuannya seperti Pak Mulia, saya tidak heran jika orang sesat jadi semakin sesat dan menjadi antipati untuk bertaubat dan mempelajari agama. Semoga saya tidak termasuk ke dalam golongan itu. Amin ya Allah.

25 thoughts on “Diskriminasi Guru Ngaji

  1. mba mending berfikir positif aja yaa, yang penting mba ikut belajar ngaji. ok.
    kan ada yang bilang jangan liat siapa yang berkata tapi dengarkan apa yang dikatakannya.
    salam kenal

  2. *evil mode on
    coba digoda aja tuh guru ngajinya, mba. siapa tau malah kepincut. masi muda kan ?? ihihhiii…

  3. @GRaK: tanyanya gimana ya bagusnya? skrg saya liat mukanya aja udah malas =_+

    @nieznaniz: walah mbak’e, beliau tu udah ada anak istri..eh..tapi mungkin jg, saya dikira bermaksud menggoda dia ya jgn2 hahaa..

    @caplang: komen idem di atas..

  4. … dia mungkin guru ngaji, tp sama sekali bukan guru tentang kehidupan.

    ketika dunia barat memahami wajah islam dengan cara yang buruk, brgkali mereka tidak sepenuhnya salah, karena kita penganutnya, emg sering mempertontonkan jidat yang bopeng-bopeng.

  5. @toga: couldn’t have said it better myself 😀

    @morissupersaiya: duh, kan udah diklarifikasi bahwa dia udah beranak istri..masa saya mo jadi korban poligami?

    @vend: sempet kepikiran sih pengen nanya, “Assalamualaikum pak, apa bapak mengidap otitis media supurativa kronik sampe2 ga pernah jawab salam saya?” Tapi selama ini dia memperlakukan saya layaknya hantu yang tembus pandang.. duh, apa saya ini emang hantu ya jgn2? emg harus introspeksi diri banyak2 nih..

  6. hahahaha…. sumpah loo…??
    masa sampe segitunya yaaa….

    eh mungkin aja tuuuh dia ngeliat 2 dara dan jadi harus membuang muka untuk membuang hasraat yang mulai memuncak.. hahaha…..

    btw, pari jantan bukaaaNN?? gosipnya kalo pari jantan kan nafusnya gede,… hahaha….

  7. hahaha.. itu tuh yang bener2 ngebuat orang awam non-muslim, ngerasa kalo ajaran Muslim yang selalu dibilang orang mengajarkan keindahan hubungan sesama manusia, adalah bullshit.

    karena semakin orang islam taat pada ajarannya, biasanya, dia semakin menutup pada dunia luar yang bukan berhubungan dengan islam.

    argh!

  8. makin tinggi kaji seseorang makin kuat godaannya, seperti kalo diatas pohon makin tinggi kita panjat makin terasa goyangannya kalau kena angin.

    mungkin saking tingginya guru ngaji itu manjat sampai harus memalingkan muka melihat lo bedua liwat biar doi gak jatuh huhuhuhuhu

  9. hufh…
    Emang kalo punya body hot yah udah nasibnya dicuekin orang yang lagi ngerem hawa nafsu..
    kayak gue lgini oh, eh, body hot-nya yah, bukan hawa nafsunya.eh, tapi gue juga punya loh hawa nafsu..kya……..
    gue juga sering ketemu ama pari2 jantan kayak gitu, boro2 negur atau salam, Assalamu’alaikum gituh, ngomong aja gak liatke gue. Aduh……segitu hinanya Mizzy..+_+;;

  10. welgedewelbeh
    Mungkin, sebaiknya, berpikir positif deh, karena ga ada untungnya juga mikir negatif, nyengsarain diri sendiri, dan rugi sendiri. setiap manusia mempunyai segala keterbatasan. Ya kalau perlu didoakan saja semoga Pak mulia menjadi lebih baik, dan kalau memang mbak ga betah ngaji disana, cari saja guru ngaji yang lain…., dari pada mbak ga bisa mengaji dengan baik….piece…:)

  11. rupanya teteh perhatian juga ama ustadnya tuh, sampe2 salam ga dijawab aja, bisa tahu gitu. weleh…weleh…weleh :p

  12. @morissupersaiya: heh mau kabur kemana kamu? wakakak

    @myresource (3x): wah pertama kali saya di hetrik..begini ya ternyata rasanya :p

    @nane: iyee..gatau pari ato duyung ato hiu..tapi yang jelas.. dia itu ga jelas.

    @ardho: iyah..semoga kita tidak termasuk org2 ky gitu yah hihi

    @bedh: oo gitu ya oom..bisa2.. *manggut2*

    @emon: yah mo gimana lg mon, istighfar aja yang banyak kali yee..wakakak..

    @mulut: Amiiin deh buat semua doa yg baik2 😀

    @luthfi: iya yah, kok lama2 jadi terkesan menyebar fitnah ya..duh padahal ga maksud loh..suwer deh (boong tuh boong! hoho)

    @liriklirih: ya tau dong masss, wong pas dia lagi nongkreng sendirian dikala ngaji blm mulai trus saya pulang kuliah dan mengucapkan salam layaknya murid yg sopan beliau diam saja layaknya orang yang tak mendengar apa2..selain itu emg sih saya rada naksir gitu, ganteng sih! (yg ini hanya bualan belaka)

  13. sama kaya yg aku rasain ke guru ngaji aku tapi aku malu ngucapinnya setiap betemu acuh acuh aja ada yg bisa ngasih saran

Leave a Reply

