how I miss Mecca and how I’m gonna miss Mom & Dad

Things I’ll always remember about my umroh trip (Juli-Agustus 2004):

1. Di sana kalo mau jemur celana dalem di kamar mandi aja, pasti dalam hitungan jam langsung kering kayak kerupuk! Coba kalo di Indonesia, yang ada jadi demek, bau, dan ditumbuhi berbagai jamur! hiiiii!!
2. Mobil2 di sana cc-nya gedue2 banget! Mini van yang saya tumpangi (yang disupiri secara brutal dan ugal2an) saja sekitar 5000an cc! Sungguh penasaran gimana rasanya nyetir kendaraan dengan tenaga sebesar itu.. maklum Arab kan negara penghasil minyak terbesar, jalanan sana juga luas dan kosong, ga kayak di Jakarta!
3. Saya mengalami “pelecehan seksual gaib” di sana, yaitu.. someone touched my butt.. and it happened TWICE! yang aneh, pas saya menoleh untuk mengamuk, orang yang ada di belakang saya seperti bingung melihat saya yang emosi jiwa memandang mereka. Seolah2 semua itu cuma imaginasi saya belaka, dan itu terjadi DUA KALI ya, harap dicatat (padahal saya ga se-pervert itu loh di dunia nyata.. kenapa ya diberi “ganjaran” semacam itu?)
4. Pas lagi mau Sa’i, saya ngeliat seorang cowok (yang sepertinya dari Turki atau Iran atau yang sejenisnya) yang LUAR BIASA HOT! oh my god..sungguh godaan iman yang tak terkira, kebayang ga sih betapa seksinya tu cowok botak dalam pakaian ihram yang minim itu? hampir saja batal wudhu saya hahaha (lah katanya bukan pervert?!) –sungguh ini contoh tidak benar yang patut dihindari.

0033.jpg

Begitu sampai di negeri 1001 malam, langsung berpose dengan noraknya di salah satu pintu Masjid Nabawi yang berlapiskan emas. Kesan pertama menginjakkan kaki di Madinah: sesek napas! Sungguh udara gurun pasir itu bagaikan udara di basement yang panas, berat, dan bikin pusing. Tapi begitu melihat keindahan Masjid Nabawi, dan menyadari saya ada di belahan bumi yang menyimpan banyak sejarah, semua protes dalam jiwa langsung sirna. The beauty of Nabawi really took my breath away (selaen emang sesek napas karena panas! :p)

0022.jpg

Yang ini namanya Bukit Jabal Rahmah. Menurut Pak Tourguide, kalo berdoa minta jodoh bagusnya dilakukan di sini, karena konon katanya di sinilah tempat bertemunya kembali Nabi Adam AS dan Hawa setelah mereka dibuang ke dunia. Langsung dong dengan semangat saya memanjatkan doa minta pacar yang sempurna (maklum, saat itu masih ABG).. Ada peristiwa aneh saat saya lagi berdoa dengan khusyuknya, tiba2 pas lagi berada di atas bebatuan itu, kayak ada yang nepuk pundak saya. Saya menoleh ke belakang, tapi tidak ada siapa2! Entah apa makna dari peristiwa itu, atau mungkin saya hanya GR dan terlalu berharap saja? hihi..

0055.jpg

Bagi yang sudah berkunjung ke sini (Bukit Jabal Rahmah), pasti tau dong inilah tempat dimana kita bisa naik onta Arab yang terkenal itu. Ironisnya, onta2 malang ini malah didandani sedemikian rupa sampai2 unsur ontanya nyaris hilang sama sekali! Malah kayak ondel2 kan? Dan orang yang melihat foto ini umumnya justru akan berkomentar, “MANA ONTANYA?!”
duh, agaknya para pemilik onta itu tidak pernah mendengar istilah “less is more” ya..

0044.jpg

Ini diambil di sekitar Arafat. “Nanti kalau musim haji,” kata Emak, “ga bakal sepi kayak gini, isinya oraang semua!” Duh, langsung puyeng saya memikirkan harus numplek di tengah padang pasir bersama jutaan orang dengan beragam adat istiadat dan aroma (bukti kuat iman masih sangat tipis & goyah).

0011.jpg

0066.jpg

I’m so jealous, my Dad got soo many amazing shots! Seperti foto di depan Masjidil Haram (atas) dan saat kita berhenti di pinggir jalan itu (bawah).. lucu2 banget! sedangkan saya? Ini salah satu yang agak lucu yang saya punya:

0099.jpg

So if you’re wondering if they have American fast food restaurants in Saudi.. well they do. AND their names are spelled in such a cute way! 😀

0088.jpg

dan ini adalah Bir Ali, tempat Miqat alias “start”nya ibadah umroh/haji. Jemaah haji Indonesia biasanya niat haji di sini. And no need to freak out, that ain’t no ghost.. that’s just my sister! haha..

**

Sekarang, emak babe mau balik lagi ke sana.. tapi kali ini bukan cuma 15 hari kayak dulu pertama kali mereka pergi.. tapi 40 hari! huhu… 😥 yang bikin saya sedih adalah mereka tidak akan ada di sisi saat saya menempuh ujian sidang sarjana.. hiks2.. selain itu rumah pasti sepi banget karena yang tersisa hanya saya, kakak saya, dan 2 mbak tercinta.. mulai besok (24 November) sampe 3 Januari, saya harus menjalani kehidupan yang lebih mandiri nih.. hwaa! >_<

kalo ada yang berminat datang untuk menghibur dipersilahkan loh… jangan lupa bawa makanan yang banyak ya..

4 thoughts on “how I miss Mecca and how I’m gonna miss Mom & Dad

  1. numpang comment ya… udah lama gak berkunjung ada tiga artikel baru nih… tertarik mengomentari trip to mecca ini… perjalanan yang menarik ya… pengen kesana sih (loh kok jadi jalan2)… gimana kisah spiritual nya??? apa aja hikmah nya setelah pulang dari sana???

  2. @mel: yup it was..

    @gilang: hehe..unsur “agamis” emg agak dikesampingkan di posting ini, jd lebih fokus ke hal2 aneh yg ga penting..hihi..kalo hikmahnya ya buanyakk bangett! dulu gue kesana minta 1 doa terbesar dalam hidup gw, yaitu gw pengen pindah dari kampus gw pd saat itu..tiap hari di depan Ka’bah cuma itu 1 doa yang paling gue harepin..and guess what…. doa itu ga dikabulin! it was really2 hard 4 me back then..iman gw pun mengalami guncangan hebat..tapi ya akhirnya gw harus blajar dari itu smua dan mulai lebih percaya yang namanya “qada & qadhar” hehe.. selain itu kalo inget2 langit malam di atas Ka’bah..sungguh luar biasa, warnanya item pekat gitu, like something magical is going on around it.. wahh pokoknya sulit dideskripsikan dgn kata2! huhu jadi kangen 😥

    @kiki: walah, itu haram ki hukumnya! :))

Leave a Reply

