Posted on

Quantum Ikhlas: Gabungan IQ, EQ, dan SQ yang Fenomenal

01.gif

Judul Buku: Quantum Ikhlas
Penulis: Erbe Sentanu
Penerbit: Elex Media Komputindo
Harga: (sekitar) Rp. 70.000

Pikiran dan perasaan, mana yang posisinya lebih tinggi?

Selama ini saya menganggap bahwa segala sesuatu pasti didasari oleh alasan2 ilmiah, oleh karena itu saya selalu beranggapan bahwa pikiran mengendalikan segalanya. Jika kita memikirkan hal2 sedih dan depresif, maka perasaan semacam itu yang akan muncul, dan begitu juga sebaliknya.

Bahkan saat jatuh cinta pun, sesungguhnya getaran2 dalam dada itu muncul sebagai akibat kerja senyawa2 kimia di otak kita. Jadi, selama ini menurut saya cinta itu muncul dari mata, NAIK KE OTAK DULU, baru turun ke hati. Humans are all about the brains and the chemicals in it. PERIOD.

Membaca (atau tepatnya meresapi) buku ini cukup membuka mata, pikiran, sekaligus hati saya. Ternyata pikiran TIDAK memiliki posisi tertinggi dalam manusia. Nyatanya berapa kali kita membaca buku pengembangan pribadi dan lalu merasa sesak napas karena merasa sudah tahu (terlalu) banyak teori, tapi tetap sulit mempraktekannya.

Konsep dasar dari buku ini adalah aplikasi ilmu neurobiologi dan fisika kuantum, yang ternyata merupakan dasar dari interaksi manusia setiap harinya. Mungkin karena (akhirnya) bidang saya dianggap penting, begitu mudah bagi saya untuk “relate to” dan memahami konsep buku ini:

Otak kita yang senantiasa disibuki dan direcoki oleh pemikiran2 rumit yang membuat diri merasa gila dilatih untuk menjadi lebih tenang (dengan CD yang serupa CD untuk Yoga, berisi suara2 alam yang menenangkan–tenang, ini bukan program cuci otak kok).

Gelombang otak kita pun berubah dari gelombang Beta menjadi Alpha-Theta yang jauh lebih relaks dan tenang. [Sekarang saya mengerti mengapa ada orang yang begitu bahagia jika hujan turun, atau mengapa manusia tidur semakin nyenyak di kala hujan. Mungkin itu merupakan saat2 (langka) dimana pikiran2 kalut akhirnya digantikan oleh ketenangan luar biasa.]

Hormon & neurotransmiter penenang pun akan dihasilkan sehingga mau tak mau lebih mudah bagi kita untuk merasa ikhlas dan memandang masalah dari sudut pandang yang tidak terlalu sempit dan menyesakkan jiwa.

Saya tidak menjamin buku ini PASTI bermanfaat untuk semua orang. Tapi yang jelas, jika anda termasuk orang yang sudah banyak membaca buku self help untuk IQ, EQ, & SQ tapi tetap merasa putus asa, atau jika anda begitu penasaran akan penjelasan ilmiah di balik nasib manusia, buku inilah jawabannya :D.

Sesungguhnya telah Kami ciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya.”
(QS. At Tiin: 4)

41 responses to “Quantum Ikhlas: Gabungan IQ, EQ, dan SQ yang Fenomenal

  1. hariadhi

    hohohoho akhirnya nemu juga lu buku kaya begini yah… Selamat datang di dunia ketenangan.

    Awas nanti lama-lama jadi Adnan Khrisna, kebanyakan meditasi.

  2. loh lu udah baca? kok ga bilang2? cihh

  3. hariadhi

    bukan yang ini, tapi mirip-miriplah. Yang ESQ sama Recode Your Change DNA. Hampir semua buku pencerahan punya teori sama, tapi istilah IQ, EQ, dan SQ itu baru belakangan dipake.

  4. oh..been there done that :P
    coba dulu yang ini, baru lo tau bedanya!

  5. hariadhi

    minta modal dulu. Duit gw habis gara2 diskon gramedia sialan kemarin. hehehehe

  6. bedh

    hell yeah…
    satu lagi post yang bikin saya mengkerutkan kening. bahasa tekhnik yang terlalu berat buat saya pahami.

    tapi saya jatuh cinta dengan nick yang baru itu, jatuh cinta karna pandangan mata yang lalu diantarkan ke otak. (turunin ke hati nggak yah? huhuhuhuhu)

    postingan ini cukup membuka mata, pikiran, dan juga hati saya mungkin terhadapa seorang v!n+, sebenernya saya gak begitu suka baca buku2 begini. tapi dengan postingan ini saya jadi tau kalu ternyata ketengan dan keikhlasan akan dapat mengendalikan perasaan dan pikiran. dahsyat nya lagi postingan ini ditutup dengan kutipan ayat alqur’an huhuhuhu kewl,

    musik memang memberikan pengaruh yang kuat terhadap perasaan dan nalar pendengarnya. saya harus lebih berhati-hati memilih musik untuk memanjakan pendengaran dan juga perasaan saya.

    thx.

  7. regsa

    gimana cara mendapatkan ketenangan yang ikhlas..?

    *kecilin volume DJ tiesto*

  8. @bedh: wah, jangan jatuh cinta ma saya, bisa gawat ntar :D

    @regsa: haha..dugem bisa juga memberi ketenangan loh, jangan salah :lol:

  9. bedh

    huhuhuhu
    tenang buk…..tenang.
    becanda doang kok. :lol:

  10. hohoho..iya, saya juga bcanda kok bung :mrgreen:

  11. Nana

    lagi nunggu panggilan dari Togamas.. soale harga bukuna lebih murah 10 ribu.. lumayan buat isi bensin motor saya 3 hari:-D

  12. ari's

    wah sayang, pas kemaren ke toko buku, buku ini cuman kulirik doang. entar deh di beli dan di baca.

  13. reina

    saya terkadang bingung bagaimana caranya mendapatkan ketenangan hati…
    saya mencoba banyak cara..
    tapi buku ini dahsyat menjawab pertanyaan saya semuanya…

    saya pernah mencobanya…

    saat itu hal yang besar ingin saya dapatkan ,,
    saya terpikir untuk bertemu dengan seseorang hari itu,,,
    yang seharusnya dia berada jauh di luar kota…
    saya terus memikirkan itu dimanapun…

    hal yang tidak di duga..
    orang tersebut tiba2 berada di depan rumah saya dengan senyum lebarnya.
    just say…
    kalo aku terpikir olehmu maka aku kemari…

    hal yang dahsyat….

  14. @reina: wah.. trimakasih untuk sharing-nya.. saya jadi semakin yakin akan mendapatkan apa yang sedang saya impi2kan :D amin ya Allah!

  15. @nana: lumayan tuh, berhubung harganya cukup mahal untuk kantong mahasiswa =_= gimana2, udah dapet belom?

  16. Bagus yah buku ini? Cinta memang kimiawi kadang otak tidak sejalan dengan hati kita. Tentunya dalam buku ini kita akan belajar lebih baik mengenai keikhlasan. Jadi apapun yang kita dapatkan patut disyukuri, maka semua yang kita dapatkan akan terasa nikmatnya…..

  17. Pingback: The Witch of Portobello, by Paulo Coelho « *KuChiKucHi LanD*

  18. tya ⋅

    kuantum ikhlas dasyat bgus,,,,,,,,,
    jujur saya bru nemu buku kaya gitu yang bisa buat hati dan pikiran menjadi ikhlas……..
    sungguh saya jatuh cinta kpd buku itu.

  19. onwalskinov ⋅

    ikut nimbrung sekedar share, berhubung hari ini situs quantumikhlas.com lg ngadat hehehe……

    syukur—-tenang—-sabar—-ikhlas—-Bahagia

    rasakan pengaruhnya kalau sehari2 kita bertindak, berbicara dan berfikir dengan energi tinggi…. hhmmm…si hati akan segera dasyat… Subhanallah,…
    terima kasih buat mas erbe sentanu….

  20. usil

    wah…..saya baru mencoba cara ini……
    nice book…………………….
    ternyata ketika kita emosi……masalah semakin bertambah…….dan gak selesai………….
    tapi…….
    ak dapat buku kok murah ya….28.000,- bajakannya banyak….

  21. ari

    waktu sedih ari juga dengerin cdnya plus baca bukunya, sampai sekarang pun ari masih suka dengerin musiknya :D, salam kenal

  22. pundy

    hi…., udah banyak ya yang ngebahas kedahsyatan buku ini dalam merubah hidup mereka…apalagi kalau dengerin CD-nya katanya sih harus 40 hari….sercara terus menerus nich…, dicoba ah…..

  23. Pingback: Pelatihan Quantum Ikhlas « *KuChiKucHi LanD*

  24. Pingback: makalah ppd « dH!k@_site

  25. koekoeh

    ada ada aja cara orang buat cari duit ^^!
    benar2 kreatif….

  26. Jarwoto ⋅

    Apapun yang mas Setanu tulis..aku acungi jempol deh, buku ini adalah sebagai khasanah baca, jadi salah satu cara meredam terhadap nafsu..namun keimanan dan keilmuan itu lah pendorong utamanya..

  27. supardi

    aku tertarik dg QI mas ES, pengen juga sih baca n nyoba mraktekin biar dapet manffat dari buku ini,(apa ada korelasinya buiku QI ini dg buku The Secret), trim’s

  28. irwandi ⋅

    Rrrru……ar biasa buku ini memandu kita untuk lebih dekat dengan Alloh.

  29. ima ⋅

    dengan ikhlas akan membuat hidup kita lebih tenang….

  30. wong elek ⋅

    Ketenangan yang sempurna itu dari ALLAH, Tuhan yang menciptakan alam dan suara alam yang bisa menenangkan jiwa,datangi ALLAH (untuk orang islam) dengan benar,buku ini sangat bagus untuk yang mencari ketnangan,tp anda semua akan dapat tenang tanpa musik atau suara2 jika ketenangan itu bukan hanya di otak,karena teknologi hanya berpengaruh di fisik(otak) bukan jiwa/ruh sedangkan manusia hanya diberi sedikit pengetahuan tentang ruh (AL-ISRO’ ayat 85)

  31. wong elek ⋅

    smoga ALLAH menuntun kejalan yang benar,buku hasil karya yang bagus

  32. info yang bagus buat saya,dengan baca artikel ini akan mencoba untuk lebih ikhlas lagi ……

  33. sungguh sangat senangnya saya ketika membaca buku ini dan membuat hidup saya menjadi lebih baik . makasih

  34. taupik h ⋅

    gimana cara memesan buku quantum ikhlas & ipray?

  35. selalu berusaha untuk sabar,,,,,,, :-)

  36. ak baca ak praktekkan ak tenang ak menang

  37. ary

    akhir ny nmu jga w cara ny wat mngendaliin emosi w…
    simple sech cman brmnfaat bngt wat w….

  38. thohirin ⋅

    pingin dapat cd nya buku quantum ikhlas, karena milik istri saya hilang

  39. maszen7

    wduh byk bnget yg komentar sih,
    tpi memang sangat beruntung aq bisa mengenal buku Quantum Ikhlas dari mas Erbe Sentanu

    setelah membaca buku Quantum Ikhlas dan mempraktikkan latihan2nya, (meski belum semua dikuasai)
    hari hariku sangat menyenangkan, kebahagiaan selalu meliputiku…. apa yang ku fikirkan, itu terjadi.
    apa yang ku inginkan tuk terjadi, itu terwujud….
    subhanallah,
    makin “PeDe” menghadapi hidup….

    sebelumnya q shalat hanya merasa sebagai pembebas tanggungan, namun kali ini q shalat karena syukurku (sedikit) mengenal kemampuan perasaan yang dianugerahkan Allah SWT kepadaku…
    Terima kasih mas Erbe Sentanu

Leave a Reply

